Sabtu, 11 Mei 2013

Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas pelaksanaan dokumentasi asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap Badan Rumah Sakit XX

Setiap langkah dalam proses keperawatan ini perlu didokumetasikan dengan baik agar dapat dilaksanakan dengan tepat, karena pada umumnya perawat bekerja secara tim. Keterampilan dokumentasi yang efektif memungkinkan perawat untuk mengkomunikasikan kepada tenaga kesehatan lainnya dan menjelaskan apa yang sudah, sedang, dan yang akan dikerjakan oleh perawat. Pendokumentasian asuhan keperawatan yang salah dapat menimbulkan interpretasi yang keliru dari perawat atau tim kesehatan lain sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam melakukan perencanaan atau tindakan pada pasien (Nursalam, 2001).

Sering dijumpai di tata layanan nyata, baik itu rumah sakit maupun puskesmas dokumentasi asuhan keperawatan tidak dibuat dengan baik. Faktor-faktor yang menyebabkan kurang efektifnya dokumentasi asuhan keperawatan antara lain faktor sarana dan fasilitas, kebijakan institusi, faktor perawat, atau dari faktor beban kerja perawat yang tidak sebanding dengan jumlah pasien.

Dari pengalaman peneliti saat menjalani praktek klinik keperawatan di beberapa institusi pelayanan kesehatan, banyak ditemui pendokumentasian asuhan keperawatan yang asal dikerjakan. Di suatu rumah sakit, format dokumentasi asuhan keperawatan hanya satu lembar yang terdiri dari diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Format yang sangat sederhana ini membatasi kreatifitas perawat untuk menulis berbagai kegiatan yang baginya mungkin perlu ditulis. Fenomena lain adalah sikap dari perawat itu sendiri yang terkesan enggan untuk mendokumentasikan asuhan keperawatan. Banyak perawat yang mendokumentasikan asuhan keperawatan karena tuntutan kenaikan pangkat, bukan karena tanggung jawab profesinya, sehingga terkesan asal menulis.



KODE FILE : K080

File Skripsi ini terdiri atas :
- Bab 1 : Pendahuluan  s/d Bab 5 : Penutup
- Daftar Pustaka
- Lampiran (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge : Rp. 25.000,-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)