Rabu, 03 Oktober 2012

Sistem Pengaman Rumah Berbasis General Packet Radio Service (GPRS) dan Image Capturing Dengan Menggunakan Bahasa Pemprograman Visual Basic 6.0

             Alat ini dibuat untuk memudahkan kita untuk mengontrol keamanan rumah apabila ditinggal dalam keadaan kosong media yang digunakan adalah Handphone, dengan memanfaatkan fasilitas MMS dan GPRS.

             Alat ini terdiri dari satu kamera webcam, empat sensor yaitu satu sensor Suhu sebagai pengontrol suhu temperatur di dalam rumah, satu sensor PIR (Passive Infra Red) sebagai pendeteksi gerak gerik manusia yang ada di sekitarnya, tiga sensor Infra red untuk pintu depan, pintu belakang dan jendela, dan satu sensor Ultrasonik, jadi sensor PIR dan kamera webcam ditempatkan didepan rumah, apabila ada gerakan, maka sensor PIR akan mendeteksi gerakan tersebut dan selanjutnya mikro akan mengirim SMS dua kali melalui HP stasioner SMS yang pertama untuk pemberitahuan ke HP tujuan yang berupa teks "intruders" dan SMS yang kedua dikirim ke kamera digital berupa teks juga, yang mana pengiriman SMS ini sebagai pemberitahuan ke kamera untuk mengambil gambar situasi keadaan setelah kamera mengambil gambar, kemudian gambar tersebut akan dikirim ke HP tujuan melalui media MMS.

             Kamera digital ini mempunyai sim-card di dalamnya sebagai sarana untuk mengirim SMS dan MMS. Kemudian untuk sensor switch ditaruh di dekat pintu dan jendela, jadi apabila pintu dan jendela kebuka maka mikro akan mengirim SMS ke HP tujuan yang berupa teks pemberitahuan yaitu "intruders".

              Mikrokontroler AT89S8252 sebagai basis pengontrolnya. Kemudian alat ini juga dapat mengambil gambar situasi setiap saat dengan meggunakan fasilitas SMS, yaitu dengan cara kita mengirim SMS ke kamera digital yang berupa teks yaitu (1)(spasi)(no hp tujuan).

             Alat Pengendali keamanan berbasis Mikrokontroler ini akan bekerja sesuai dengan program yang ada. Kemudian Mikrokontroler akan mengirimkan SMS untuk memberikan status situasi. Dalam tugas akhir ini  yang dibahas yaitu  sistem keamanan rumah dengan fasilitas SMS dan MMS serta pengukuran alat dan pengujian alat.

            Alat yang dirancang ini memiliki tiga sensor, satu buah mikrokontroler, dan satu buah kamera digital.

 

 

 

Kode file : S032

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Lampiran 

 

Bentuk file : Ms.Word

Charge (Biaya) : Rp. 50.000,- 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)