Kamis, 06 September 2012

Efektifitas Penyuluhan Tentang Menstruasi Terhadap Remaja Putri Kelas 2 Di SMPN XX

Menstruasi adalah kejadian alamiah yang terjadi pada wanita normal. Hal ini terjadi karena terlepasnya lapisan endometrium uterus. Umumnya di masyarakat kita sering menemukan berbagai pandangan, pendapat, persepsi dan kepercayaan tentang suatu hal yang dipercaya oleh masyarakat karena di anggap benar, padahal belum tentu benar. Pandangan yang sering muncul dan berkembang dalam masyarakat karena beberapa hal, yaitu penyampaian informasi yang kurang tepat atau kurang lengkap, penyampaian informasi terlalu berlebihan sehingga menimbulkan sikap diskriminasi dikalangan remaja atau masyarakat terhadap berbagai masalah, salah satu diantaranya mengenai masalah menstruasi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi efektifitas penyuluhan tentang menstruasi terhadap pengetahuan remaja putri kelas 2 di SMPN XX. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain pre eksperimen dengan melakukan pengamatan pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 33 siswi ditentukan secara purposive sample. Variabel bebas penelitian adalah penyuluhan tentang menstruasi. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah dan pembagian leaflet. Analisis data dilakukan dengan menggunakan wilxocon signed rank test.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan karena probabilitas (p)=0.000 pada signifikasi (α)=0.05, (p<0.05). Adanya peningkatan nilai posttest dibandingkan dengan nilai pretest sesudah dilakukan penyuluhan karena pada tingkat signifikan (α)=0.05, didapat nilai Z hitung sebesar 5.029 lebih besar Z1 – (α/2) = 1.625.

   Kesimpulan dari penelitian adalah penyuluhan tentang menstruasi terhadap pengetahuan remaja putri efektif dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai posttest dibandingkan dengan nilai pretest sesudah dilakukan penyuluhan.

 

 

 

Kode file : L038

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar pustaka

-          Lampiran 2 (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)