Selasa, 05 Juli 2011

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Bersalin Ke Dukun Bayi Di Dusun XX

Angka kematian ibu di Indonesia tahun 2007 sebesar 228 per 100.000 angka kelahiran hidup, secara tidak langsung angka kematian ibu dan perinatal meningkat akibat pertolongan persalinan yang ditolong oleh dukun bayi hal ini dapat dilihat dari studi pendahuluan pada 10 ibu melahirkan didapatkan sebesar 40% (4 orang) ditolong oleh tenaga kesehatan dan 60% (6 orang) ditolong oleh tenaga non kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap ibu bersalin ke dukun bayi.

Penelitian ini menggunakan desain studi observasional dengan jenis cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang dan cara pengambilan sampel menggunakan total populasi sampling. Adapun variabel-variabel yang diteliti, variabel bebas penelitian adalah : tingkat pengetahuan ibu bersalin ke dukun bayi. Variabel terikat penelitian ini adalah  sikap ibu bersalin ke dukun bayi.   

Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan pada tingkat tahu sebanyak (58,1%) dengan kriteria baik, (41,9%) dengan kriteria tidak baik dan pada tingkat paham sebanyak (48,8%) dengan kriteria tidak baik, (51,2%) dengan kriteria baik. Sedangkan sikap sebagian besar (58,1%) negatif dan (41,9%) positif. Pada tingkat tahu dengan kriteria baik semua responden mempunyai sikap yang positif yaitu 16 dan sikap negatif 2, pada kriteria tidak baik mempunyai sikap positif 2 dan yang negatif 23. Sedangkan pada tingkat paham dengan kriteria baik semua responden mempunyai sikap yang positif yaitu 17 dan sikap negatif 5. pada kriteria tidak baik mempunyai sikap positif 1 dan sikap negatif 20.

Kesimpulan  dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan baik pada tingkat tahu maupun tingkat paham dengan sikap ibu bersalin ke dukun bayi di dusun Genengan Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang yang di buktikan dengan uji chi-square pada a = 0,05 dan menghasilkan signifikasi sebesar 0,0001 pada tingkat tahu dan 0,0001 pada tingkat paham.

Saran yang dapat di berikan yaitu setelah mengetahui hasil penelitian ini di harapkan team kesehatan atau bidan mampu dalam memberikan penyuluhan tentang persalinan dan kelainan serta mengadakan pelatihan dan pembinaan dukun secara intensif.

 

 

 

Kode file : K309

File skripsi ini meliputi :

-          Abstraks, Daftar isi dll

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar pustaka ( 17 pustaka thn 2003 s/d 2010)

 

Bentuk file : Ms.Word

Charge : Rp. 70.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)