Kamis, 03 Maret 2011

K215: Pengaruh mengkonsumsi daun katuk, susu formula dan susu kedelai terhadap kelancaran pengeluaran ASI

Pengeluaran ASI merupakan suatu interaksi yang sangat komplek antara rangsangan mekanik, saraf dan bermacam–macam hormone. Terdapat dua reflek yang penting dalam proses kelancaran laktasi yaitu refleks prolaktin (pembentukan ASI) dan reflek Let Down (pengeluaran ASI). Refleks prolaktin akan meningkat ketika dalam keadaan ; Stress, rangsangan puting susu, hubungan kelamin, operasi, anestesi, dan obat sebaliknya prolaktin terhambat dalam keadaan gizi buruk pada ibu, dan pengaruh obat-obatan. Sedangkan reflek letdown meningkat ketika melihat bayi, mendengar suara bayi, mencium bayi dan memikirkan untuk menyusui bayi sebaliknya reflek letdown dihambat oleh stress, takut, cemas, lelah, malu dan nyeri.

Produksi dan pengeluaran ASI juga distimulus oleh isapan bayi. Sentuhan dan isapan bayi akan merangsang sel syaraf menyampaikan pesan kekelenjar hipofise posterior melalui hipotalamus sehingga dihasilkan oksitosin yang akan menyebabkan sel mioepitel kontraksi memeras ASI menuju tubulus dan mengalir disepanjang duktus laktiferus. Penglihatan, bunyi dan bau yang berkaitan dengan isapan menimbulkan respon biologis pengeluaran ASI.

Daun katuk selama ini dikenal masyarakat dapat meningkatkan produksi ASI. Bahkan daun katuk berkhasiat memperbanyak air susu, untuk demam, bisul, borok dan darah kotor. Tiga peneliti menyatakan infus daun katuk dapat meningkatkan produksi air susu pada mencit. Infus daun katuk dapat meningkatkan jumlah asini tiap lobulus kelenjar susu mencit. Saat ini juga telah banyak kemasan susu formula yang kandungan gizinya disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil. Susu formula ini juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI setelah ibu melahirkan. Disamping susu formula, pada beberapa tahun belakangan juga sedang berkembang produk susu kedelai dengan berbagai kelebihannya yang tidak terdapat pada susu sapi.

 

 

 

 

Kode File : K215

 

File Skripsi ini terdiri atas :

-         Bagian depan

-         Bab 1 – 5 (pendahuluan – penutup) lengkap

-         Daftar pustaka

-         Lampiran2 (instrumen, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 125.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)