Rabu, 09 Desember 2009

Pengaruh Perawatan Luka Bersih Menggunakan Sodium Klorida 0,9 % Dan Povidine Iodine 10 % Terhadap Percepatan Penyembuhan Luka

Proses penyembuhan luka terjadi secara normal sebagai efek (reaksi tubuh) terhadap trauma walaupun banyak bahan digunakan untuk membantu meningkatkan penyembuhan luka. Bahan perawatan yang selalu digunakan adalah sodium klorida 0,9 % dan povidine iodine 10 %. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan pengaruh perawatan luka bersih dengan menggunakan sodium klorida 0,9 % dan povidine iodine 10 % terhadap percepatan penyembuhan luka.


Penelitian ini menggunakan Quasy-Eksperiment (Post-Test Control Group Design). Populasi adalah ibu yang melahirkan melalui operasi secsio caesar di ruang bersalin RSUD XX. Jumlah sampel sebanyak 20 orang yang diambil secara consecutive sampling. Sampel dibagi dalam 2 kelompok; kelompok pertama 10 orang menggunakan sodium klorida 0,9 % dan kelompok kedua 10 orang menggunakan povidine iodine 10 %. Variabel independenadalah sodium klorida 0,9 % dan povidine iodine 10 % dan variabel dependen adalah penyembuhan luka. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan diolah dengan uji statistik Chi-Square dengan tingkat kemaknaan p < 0,05 dan paired t-test dengan tingkat kemaknaan p < 0,05.


Hasil uji statistik Chi-Square tidak terdapat perbedaan yang bermakna pengaruh perawatan luka bersih menggunakan sodium klorida 0,9 % dan povidine iodine 10 % terhadap percepatan penyembuhan luka dengan tingkat kemaknaan p = 0,628. Hasil uji statistik paired t-test tidak terdapat perbedaan yang bermakna tanda penyembuhan luka dan tidak ada tanda infeksi menggunakan sodium klorida 0,9 % dan povidine iodine 10 % dengan tingkat kemaknaan p = 0,440 dan p = 0,168.


Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perawatan luka bersih dengan menggunakan sodium klorida 0,9 % dan povidine iodine 10 % mengalami penyembuhan luka yang sama. Pada akhirnya, sodium klorida 0,9 % dapat digunakan sebagai pilihan bahan untuk perawatan luka bersih dengan tetap memperhatikan prinsip aseptik sebelum, selama dan sesudah operasi serta saat perawatan luka.


Kode File : K034


File skripsi ini meliputi :



  1. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)

  2. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap

  3. Daftar Pustaka

  4. Instrumen, dll


Bentuk file : Ms.word


Donasi : Rp. 50.000,-

2 komentar:

  1. mohon beri tahu kami tentang syarat-syarat untuk bisa mendapatkan kti ini

    BalasHapus
  2. bagaimana cara mendapatkan filw ini..

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)