Rabu, 09 Desember 2009

Faktor-fakror yang berhubungan dengan tingkat kecemasan klien dengan hemoptisis

Hemoptisis atau batuk darah merupakan suatu stressor pencetus terjadinya kecemasan karena merupakan suatu keadaan yang mengerikan bagi penderita maupun keluarganya. Oleh karena itu, ketenangan penderita mutlak diperlukan. Kira – kira 15% dari penderita hemoptisis tidak dapat ditentukan secara pasti penyebabnya meskipun telah dilakukan berbagai pemeriksaan. Jadi jika hemoptisis tidak henti-hentinya atau berulang-ulang harus dicurigai sebagai penyakit yang serius, sehingga ini menyebabkan kecemasan bagi klien. Kecemasan dapat diekspresikan secara langsung melalui perubahan fisiologis dan perilaku secara tidak langsung melalui timbulnya gejala atau mekanisme koping sebagai upaya untuk melawan kecemasan. Individu dapat mengatasi kecemasan dengan menggerakkan sumber koping di lingkungan.

Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional, sample penelitian diambil dari pasien yang sesuai dengan criteria inklusi yang dirawat di RSUD XX dengan besar sample sebanyak 21 responden. Pemilihan sample dilakukan dengan probality sampling jenis accidental sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara berstruktur dengan menggunakan kuesioner dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik Regresi Linier dengan tingkat signifikan p£ 0,05.

Hasil analisa menunjukkan 7 responden (33%) mengalami cemas ringan, 9 responden (43%) mengalami cemas sedang dan 5 responden (24%) mengalami cemas berat. Sebagian besar responden berumur > 35 tahun 12 responden (57%), pendidikan SLTP/SLTA 12 responden(57%) dan pekerjaan buruh 12 responden (57%). Hasil uji Regresi Linier terhadap tingkat kecemasan menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara tingkat kecemasan dengan umur p=0,000, pendidikan p=0,003 dan pekerjaan p=0,004.

Berdasarkan gambaran diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara umur, pendidikan dan pekerjaan dengan tingkat kecemasan.

Kode File : K010

File skripsi ini meliputi :


  1. Halaman depan (abstrak, daftar isi, dll)

  2. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap

  3. Daftar Pustaka

  4. Instrumen, lampiran-lampiran, dll



Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 50.000,-

3 komentar:

  1. tlg bs dikirimkan skripsi lengkapnya ke email saya

    BalasHapus
  2. bisa dikirimkan skripsi lengkapnya ke email saya

    BalasHapus
  3. aku suka judul penelitian ini...bagaimana cara untuk melihat selengkapnya skripsinya???

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)