Sabtu, 28 Juli 2012

Perbedaan keterampilan teknik menyusui sebelum dan sesudah diberi penyuluhan pada ibu bayi usia 0-11 bulan di BPS XX

Teknik menyusui yang tidak tepat dapat merugikan bayi maupun ibunya. Bayi dapat mengalami kesulitan bernafas karena hidungnya tertutupi oleh payudara ibu. Posisi bayi yang tidak tepat juga dapat
mengakibatkan lecetnya puting susu ibu sehingga menimbulkan masalah setiap kali akan menyusui karena ibu merasa sakit dan takut untuk menyusui, sehingga mengancam keberlangsungan menyusui secara eksklusif. Hasil survey awal tentang teknik menyusui yang dipraktekkan oleh 5 ibu bayi usia 0-11 bulan yang periksa ke BPS XX diketahui bahwa 80% ibu memperagakan cara menyusui yang tidak tepat sehingga puting lecet, 20% ibu sudah menyusui dengan benar tetapi masih memberi susu formula pada bayi karena ASI tidak lancar. Hal ini mengindikasikan rendahnya keterampilan menyusui pada ibu menyusui, sehingga penting untuk dilakukan penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perbedaan keterampilan teknik menyusui sebelum dan sesudah diberi penyuluhan.

Penelitian ini menggunakan metod deskriptif dengan populasi semua Ibu yang menyusui bayi usia 0-11 Bulan di BPS XX. Jumlah sampel adalah 25 orang diambil secara total sampling. Metode pengumpulan data melalui pengamatan menggunakan lembar observasi yang dilakukan sebelum penyuluhan dan sesudah mendapat penyuluhan. Data dianalisa secara statistik rumus uji jenjang bertanda Wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum mendapat penyuluhan, sebanyak 14 responden (56%) memiliki keterampilan menyusui yang baik, dan setelah mendapat penyuluhan, sebanyak 21 responden (84%) memiliki keterampilan menyusui yang baik. Hal ini menunjukkan ada peningkatan keterampilan teknik menyusui setelah mendapatkan penyuluhan.

Uji statisik Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai beda terendah = 0 lebih kecil dari nilai t tabel = 89 untuk sampel (n) = 25, yang berarti ada peningkatan secara signifikan tentang keterampilan teknik menyusui sebelum dan sesudah diberi penyuluhan pada ibu bayi usia 0-11 bulan. Peneliti menyarankan agar Bidan memberikan penyuluhan dengan mendemonstasikan teknik menyusui dengan baik dan benar sehingga ibu hamil dan ibu menyusui lebih mudah memahami dan memiliki pengalaman langsung mempraktekkan teknik menyusui yang tepat.


Kode file : K116

File skripsi ini meliputi :
- Bagian depan (daftar isi, dll)
- Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
- Daftar pustaka
- Lampiran 2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)