Sabtu, 28 Juli 2012

Hubungan pengetahuan dengan sikap dalam pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut pada pra lansia di Desa XX

Pada tahun 2020 diperkirakan jumlah lansia mencapai 28,8 juta atau 11% dari total populasi penduduk. Proyeksi penduduk oleh Biro Pusat Statistik (BPS) menggambarkan bahwa antara 2005 – 2010, jumlah usia lanjut sekitar 19 juta 8,5 % dari seluruh jumlah penduduk. WHO juga telah memperhitungkan bahwa ditahun 2025, Indonesia akan mengalami peningkatan jumlah penduduk lansia sebesar 41,4 % yang merupakan sebuah peningkatan tertinggi di dunia. Meningkatnya jumlah penduduk lansia pasti akan menimbulkan masalah terutama dari segi kesehatan dan kesejahteraan lansia.

Dampak yang terjadi akibat pengurangan saliva pada mulut pada pra lansia akan menyebabkan adanya beberapa gangguan yang akan di alami oleh lansia tersebut. Kebanyakan orang menomorduakan kondisi kesehatan gigi. Perawatan gigi dianggap tidak terlalu penting, padahal manfaatnya sangat vital dalam menunjang kesehatan pra lansia tersebut. Perawatan gigi dan mulut memang sangat penting untuk dilakukan karena gigi dan mulut nerupakan satu kesatuan dengan anggota tubuh yang lain. Kerusakan pada gigi dapat mempengaruhi kesehatan anggota tubuh lainnya, sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu contoh permasalahan yang terjadi yaitu berawal dengan adanya karies gigi semakin lama semakin parah dan mengakibatkan adanya infeksi pada gusi yang nantinya akan mengganggu kesehatan area mulut lainnya seperti hingga terjadinya kanker mulut dan akhirnya akan terjadi gangguan pada organ tubuh lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap memelihara kebersihan gigi dan mulut pada pra lansia.

Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi. Sampel terdiri dari 83 orang pra lansia yang diambil secara total sampling. Variabel yang diamati adalah pengetahuan tentang perawatan gigi, serta sikp dalam memelihara kebersihan gigi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan uji Chi-square pada tingkat kemaknaan α = 0,05.


Kode file : K115

File proposal skripsi ini meliputi :
- Bagian depan (daftar isi, dll)
- Bab 1 – 3 lengkap (pendahuluan s/d metpen)
- Daftar pustaka
- Lampiran 2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 50.000,-

1 komentar:

  1. pigin tau isi halaman selanjutnya bagaimana caranya,,tlng di bls ya makasih

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)