Selasa, 19 Juni 2012

Gambaran rata-rata jumlah jam tidur bayi usia 1-6 bulan yang diberi ASI Eksklusif dan yang tidak diberi ASI Eksklusif di Desa XX

Banyak faktor yang mempengaruhi tidur ideal bayi seperti lingkungan dan kondisi psikis bayi tidak kalah pentingnya, asupan gizi yang diperoleh bayi. Para pembicara sepakat bahwa ASI merupakan asupan paling ideal untuk bayi karena mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi untuk tumbuh sehat. Dalam ASI terkandung alfa protein (dalam dunia kedokteran popular disebut alpha lactalbumin) yang cukup tinggi, sekitar 27% dari jumlah seluruh protein (susu formula hanya 11%). Alpha protein asupan yang sangat berperan dalam mengatur pola tidur bayi dan membuatnya dapat tidur lelap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran rata-rata jumlah jam tidur bayi usia 1-6 bulan yang diberi ASI Eksklusif dan yang tidak diberi ASI Eksklusif.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Sampel terdiri dari 30 bayi yang teragi dalam 2 kelompok, yaitu yang diberi ASI eksklusif dan non-ASI eksklusif. Variabel yang diamati adalah rata-rata jumlah jam tidur, serta faktor yang mempengaruhi seperti lingkungan, asupan nutrisi dan kondisi psikis orang tua. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan uji deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata.

Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata jumlah jam tidur bayi yang diberi ASI Eksklusif adalah 13 jam 12 menit dengan waktu terpanjang 15 jam dan terpendek 12 jam, sedangkan yang tidak diberi ASI Eksklusif adalah 14 jam 36 menit dengan waktu terpanjang 17 jam dan terpendek 12 jam masih termasuk pola tidur bayi kategori normal. Peneliti menyarankan agar Petugas kesehatan dapat mensosialisasikan hasil penelitian ini sekaligus menegaskan bahwa ASI masih merupakan makanan terbaik untuk bayi hingga saat ini sehingga diharapkan dapat turut meningkatkan cakupan pemberian ASI Eksklusif.

 

 

 

 

Kode file : K114

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar pustaka

-          Lampiran 2 (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)