Minggu, 08 November 2009

Hubungan pengetahuan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat Desa XX

Hidup bersih, sehat, bahagia dan sejahtera lahir batin adalah dambaan setiap orang. Hidup berkecukupan materi bukan jaminan bagi seseorang bisa hidup sehat dan bahagia. Mereka yang kurang dari sisi materi juga bisa menikmati hidup sehat dan bahagia. Sebab, kesehatan terkait erat dengan perilaku atau budaya. Perubahan perilaku atau budaya membutuhkan edukasi yang terus menerus. Pemerintah sudah cukup lama mengampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya adalah penggunaan air bersih baik untuk kebutuhan air minum, mandi, mencuci dan jamban (Aprilianti, 2009).

Pemerintah telah berupaya agar masyarakat dapat memanfaatkan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari baik untuk minum mandi dan kebutuhan yang lain. Namun berbagai kendala klasik menghadang, diantaranya disparitas status kesehatan antar tingkat sosial ekonomi, antar kawasan, dan antar perkotaan-perdesaan, beban ganda penyakit, rendahnya kinerja pelayanan kesehatan, rendahnya kebersihan lingkungan, rendahnya pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan, dan terbatasnya tenaga kesehatan dan penyebarannya (Nawawi, 2005).

Mandi di sungai masih dilakukan beberapa warga, karena kebiasaan mandi di sungai itu memang mudah, tinggal menceburkan diri karena airnya sangat berlimpah. Namun mandi di sungai tentu mempunyai resiko negatif karena banyak sungai yang sudah terkontaminasi beragam limbah rumah tangga seperti sampah, tinja dan bahan beracun dan berbahaya lainnya. Kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai selama berpuluh puluh tahun itu bukan tidak menimbulkan persoalan. Air sungai menjadi kotor dan rawan terjadi penyumbatan saluran yang beresiko terjadinya banjir. Namun masih banyak warga yang berpendapat bahwa mereka sudah bertahun tahun membuang sampah ke sungai, tapi tidak terjadi masalah apa-apa (Ambrosius Harto, 2006).

Kode File : K166

File proposal ini meliputi :

  • Bab 1-3 (Pendahuluan-Metpen) lengkap

  • Daftar Pustaka


Bentuk file : Ms.word
Donasi : Rp.30.000,-

3 komentar:

  1. kalau kita pesan skripsinya, apakah intrumennya juga diberikan misalnya quesionernya, master tabelx dan lain-lain?

    BalasHapus
  2. gmn cara pesen filenya uang lengkap....

    BalasHapus
  3. pratiwi hesty trisnani6 Februari 2010 04.42

    tolong dong cariin skripsi tentanpemanfaatan pos kesehatan desa,yar epet ujian aku.kalo ga dapat bisa gila aku.coz harus ada peneltian sejenis,thx

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)